Business Model Canvas

   Halo semua ! Kalian tau ga sih apa itu Business Model Canvas ? Jika kalian belum tau yuk simak bacaan ini agar pengetahuan kalian bertambah

Business Model Canvas


                      Business  Model Canvas  adalah  sebuah model  bisnis  gambaran  logis  mengenai bagaimana  sebuah  organisasi  menciptakan, menghantarkan dan menangkap sebuah nilai.Canvas  ini  membagi business  model  menjadi  9  buah  komponen utama,  kemudian  dipisahkan  lagi  menjadi komponen kanan (sisi kreatif) dan  kiri (sisi logik).  Persis  seperti  otak  manusia.  Ke sembilan komponen yang ada tersebut adalah sebagai  berikut,  (diurut  dari  kanan  ke kiri).Customer  Segment,  Customer Relationship,  Customer  Channel,  Revenue Structure, Value Proposition, Key Activities, Key  Resource,  Cost  Structure,  dan  Key Partners. 

  1. Customer  Segment  (CS)  yaitu menentukan segmen target customer dari bisnis  yang  akan  dikembangkan. Posisikandiri  pada  sisi  customer untuk memperhatikan  apa  yang  dilihat, didengar,  dipikirkan  dan  dilakukan, menjadi keinginan dan tujuan, rasa takut, dan harapan. 
  2. Value  Proposition  (VP)  yaitu memperkirakan kebutuhan customer yang sudah  diidentifikasi  pada customersegment. Berdasarkan kebutuhan itu, selanjutnya dapat didefinisikan value (nilai)  apa  yang  akan  diberikan  agar mampu  memenuhi  kebutuhan  customer. Value  yang  diberikan  itu  akan  menjadi nilai inti dari kegiatan bisnis. 
  3. Customer  Relationship  (CR)  yaitu mendefinisikan  hubungan  antara perusahaan dan customer.Macam-macam jenis  hubungan  mulai  dari  memberikan bantuan  personal  perorangan  kepada setiap  customer,  dengan  memanfaatkan komunitas,  atau  bahkan  berupa  ‘self-service’,  yaitu  tidak  berhubungan langsung dengan customer. 
  4. Channel (CH) yaitu cara untuk mencapai customer. Channel ini adalah jalur antara perusahaan dengan customer,  bagaimana delivery  dari  value  yang  diberikan akan mampu mencapai customer dengan baik. 
  5. Revenue  Stream  (RS)  yaitu  representasi dari  jalur  penerimaan  uang  yang  akan diterima  dari  setiap  customer  segment. Definisikan  cara  tertentu  untuk menghasilkan  revenue  dari  setiap customer segment.  
  6. Key Resource (KR) adalah Sumber Daya Utamayang  menjelaskanmengenai  aset terpenting  yang  diperlukan  dalam membuat model bisnis kerja.Setiap model bisnis  memerlukan  Sumber  Daya Utama.Sumber  DayaUtama  akan memungkinkan  perusahaan  untuk membuat  dan  melebihi  Proposisi  Nilai, mencapai  pasar,  memelihara  hubungan denganSegmenPelanggan, danmemperoleh pendapatan. 
  7. Key  Activities  (KA)  adalah  Kegiatan Utama  yang  menjelaskan  hal  terpenting yaitu  perusahaan  harus  membuat  model bisnis.  Setiap model bisnis dibuat  untuk sejumlahKegiatan  Utama.  Hal  ini merupakan tindakan yang paling  penting bagi perusahaan sehingga harus maksimal untuk  dapat  menghasilkan  operasi  yang berhasil.  Seperti  Kunci  Sumber  Daya, diwajibkan untuk membuat dan  melebihi Proposisi  Nilai,  Pencapaian pasar,mempertahankan  Hubungan Pelanggan,dan  pendapatan  yang diperoleh,  seperti  Kunci  Sumber  Daya, kegiatan  tergantung  pada  jenis  model bisnis.  Untuk  perangkat  lunak  pembuat Microsoft,  kegiatan  utama  meliputi pengembangan  perangkat  lunak.  Untuk produsen  PC  Dell,  kegiatan  utama meliputi  rantai  pasokan  manajemen. Untuk  konsultasi  McKinsey,  kegiatan utama meliputi pemecahan masalah.
  8. Key  Partners  (KP)  adalah  Kunci Kemitraan  yang  menjelaskan  jaringan pemasok  dan  mitra  yang  membuat pekerjaan  model  bisnis.  Perusahaan menjalin kemitraan untuk banyak alasan, dan  kemitraan  menjadi  landasan  model bisnis.Perusahaan  membentuk  aliansi untuk  mengoptimalkan  model  bisnisnya, mengurangi  resiko,  atau  memperoleh sumber daya. Ada empat jeniskemitraan: • Strategialiansi antara non-pesaing • Strategikemitraan  antara  pesaing (Coopetition) • Usaha  bersama:  usaha  untuk mengembangkan bisnis baru • Hubungan  Pembeli-Pemasok  untuk menjamin  pasokan  yang  dapat diandalkan 
  9. Cost  Structure  adalah  Struktur  Biaya yang menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan  dalam  mengoperasikan model  bisnis  ini.  Blok  bangunan  ini menjelaskan  biaya  yang  paling  besar terjadi  antara  biaya-biaya  yang  harus dikeluarkan  untuk  dapat  menghasilkan Value  Proposition  yang  ditujukan padaCustomer  Segmentssehingga didapatRevenue  Stream.  Biaya  tersebut dapat  dihitung  relatif  mudah  setelah mendefinisikan  Sumber DayaUtama,Kegiatan  Utama,  dan Kunci Kemitraan.

Comments